Infeksi Saluran Kemih

1 comment
Di suatu sore yang indah, saya tiba-tiba anyang-anyangan. Tau kan ya perasaan mau pipis yang sering banget kerasa walopun udah pipis. Waktu itu usia kandungan saya baru 7 minggu, persis setelah saya flek. Semakin malam, pipis itu jadi nggak bisa berhenti setiap satu jam sekali. Tidur malam saya sempat bangun sebanyak 4 kali.

Saya pikir itu normal, karena katanya ketika kandungannya sudah menekan saluran kemih, perasaan ingin pipis semakin sering. Tapi kandungan saya kan masih kecil, kok bisa-bisanya udah menekan. 

Besok paginya, jadi semakin sering pipis. Siang hari semakin parah, malah saya bisa ke toilet tiap 15 menit sekali. Anehnya, setiap saya pipis itu sakit banget, malah saya seperti mengejan karena sakit sekali. Setelah pipis yang semakin sering itu, saya nggak sengaja melihat darah keluar berbarengan dengan air seni. Penasaran dong ya, saya browsing sana sini cari info. Info yang saya baca mirip dengan penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Lalu, saya whatsapp dokter Bhim dan menjelaskan detil tentang perasaan yang nggak bisa ditahan ini. Cieeeeeee.. uhuy..

Dokter langsung menyuruh saya cek laboratorium, periksa urine lengkap. Tanpa berlama-lama, saya lalu cek lab. Malam itu juga hasilnya keluar. Saya langsung foto hasil lab untuk dikirim ke dokter Bhim. Dokter lagi nggak bisa ditemui dan lagi ijin nggak masuk di RSPI, karena ada tindakan lain.

So, atas instruksinya saya kirim hasil lab. Tanpa basa basi, dokter Bhim kemudian meresepkan saya Monuril 3g, diminum sekali saja. 

Penjelasannya, saya diindikasikan terkena Infeksi. Leukosit saya tinggi dan memang ada darah di urine saya. Saya cukup minum Monuril sekali saja. Bentuknya bubuk seperti Oralit lalu dicampur dengan air putih setengah gelas. Obat ini aman untuk ibu hamil.

Fyi, Monuril ini susah nyarinya. Saya baru nemu di apotik Kimia Farma, apotik ketiga yang saya kunjungi. Saya pikir itu obat murah karena cuma beli satu sachet, tapi ternyataaaaaaaaaa ... satu sachet harganya sekitar 180 ribu. 

Mau teriak rasanya ke petugas apotik yang ngelayanin. 
APAAAAA??? SEGINI DOANG 180 RIBU ???


Ya mau gimana lagi.. disyukuri aja.. demi kesembuhan

Malamnya saya minum itu Monuril. Emang deh harga nggak pernah bohong. Kalau barang bagus pasti dijual mahal. Sejak saya minum sekitar jam 11 malam, sampai pagi harinya saya nggak pipis lagi. Keren banget obatnyaaaaaa.

Besok paginya seperti biasa bangun pagi, saya pipis. Darahnya udah nggak ada dan sakitnya hilang gitu aja. Normal kaya biasa lagi. Alhamdulillah yaaaa :)

Seminggu kemudian saya balik ke dokter Bhim karena memang harus cek baby cek. Kata dokter, penyakit itu memang tidak mengganggu janin. Dia hanya mengganggu ibunya. Iya bangeeeettttt.. 
Karena saya sudah sembuh, saya hanya perlu banyak minum dan jangan menahan pipis. Karena katanya, penyebabnya karena bakteri, bisa juga karena menahan pipis terlalu lama. Kalau sudah berhenti sakitnya seperti saya, perlu di observasi lagi. Takutnya kambuh atau mungkin memang perlu penanganan khusus. Ditakutkan pula ada batu di ginjal atau ginjalnya bermasalah. Jadi, mungkin setelah bayinya lahir, dirujuk untuk periksa lebih mendalam ke dokter spesialisnya.

Begitulah.

Oiya ciri-ciri lain sebelum saya infeksi adalah sering sakit dibagian belakang pinggang. Sakit pinggang karena pegal-pegal atau hamil beda rasanya. Sakit infeksi ini seperti menusuk di tengah pinggang. Itu saya rasakan lima hari sebelum anyang-anyangan. Lalu timbul anyang-anyangan, kemudian barulah ada darah yang keluar berbarengan dengan air seni. Darahnya tidak kental, tapi cair sama persis seperti cairan air seni. 

Semoga bermanfaat yaaaa :)

Cheers,
L

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment

  1. Haii mba.. Thanks sharingnya.. Kebetulan case kita sama bgt mba.. Dan dr kita pun sama.. Gimana kabarnya mba skrg? Kemarin kehamilan lancar dan sehat kan yaa meskipun ada isk? Aku baru hamil anak ke 2, uda jalan 9 weeks, dan hasil lab keluar persis spt mba.. Kalau g keberatan.. Boleh share pengalaman kehamilannya ya mba..

    ReplyDelete

Shout your comment here and thanks for dropping by :)