Spotting

No Comments
Tiga bulan pertama (trimester pertama) saat kehamilan merupakan masa-masa dimana segala hal harus dilakukan dengan hati-hati sekali. Mengurangi mengangkat benda berat, mengurangi intensitas naik turun tangga yang terlalu sering, tidak boleh berlari-lari, istirahat yang cukup dan makan makanan sehat. Kalau terlalu lelah bisa mengakibatkan janin gagal berkembang atau sering kita sebut keguguran.

Saat tiga bulan awal ini, saya merasa menjadi wanita lemah dan sensitif. Tidak melakukan banyak bergerak. Kalau ada waktu sengang sebaiknya dipakai untuk tidur maupun hanya sekedar berleha-leha. Karena saat kehamilan saya berusia 7 minggu saya mengalami flek atau disebut juga Spotting.

Memang tidak terlalu banyak. Hanya terlihat bercak coklat berkali-kali di celana. Siang harinya, di hari yang sama saat saya melihat flek, saya langsung ke dokter. Sebelum sempat masuk ruangan, saya menyempatkan diri mengecek sekali lagi ke toilet, apakah masih ada bercak, dan ternyata masih ada, malahan ada sedikit merah seperti darah.

Setelah ketemu dokter saya langsung diperiksa dan diberi penguat lewat suntikan. Periksa USG pun lewat transvaginal. Janin didalam perut saya tidak bermasalah, semuanya normal. Saya disarankan untuk bedrest selama 3 hari. Alhamdulillah setelah bedrest semuanya kembali normal.

Dokter Bhim menjelaskan bahwa flek itu merupakan warning dari janin kita bahwa kita terlalu banyak gerak, terlalu lelah atau stress. Harus benar-benar istirahat total.

Obat yang diresepkan saat cek pertama usia kandungan 5w harus selalu diminum. Karena itu vitamin dan penguat. Saya diberi Duphaston 10 mg diminum sehari dua kali dan Emineton diminum sehari sekali. Sampai bulan ketiga kehamilan, Duphaston 10 mg diresepkan sehari sekali, emineton tidak diminum lagi hanya 2 bulan, dan diberi penambahan obat yaitu Cavit untuk tambahan kalsium.

"Persepsi saya jadi berubah. Saya melihat tumor itu semacam pemicu untuk saya mencari lebih dalam, mempertemukan saya dengan lebih banyak pengetahuan, membuka mata saya bahwa penyakit bukan sekedar gangguan. Tapi kode. Kode dari tubuh bahwa ada hal dalam hidup kita yang harus dibereskan." Dee, Partikel, hal 471.

Saran saya sih, kalau terjadi apa-apa menyangkut janin, usahakanlah secepatnya bertindak. Jangan dibiarkan, karena perlu perhatian khusus apalagi untuk yang menanti-nantikan bayi.

Cheers,
L

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment

Shout your comment here and thanks for dropping by :)