Review GrabTaxi Indonesia

2 comments
Saya mau berbagi cerita pengalaman saya pakai Grab Taxi. Ini bukan postingan berbayar ataupun promosi loh! Tapi saya nggak nolak kalau dikasih voucher gratis atau endorsement, HAHAHAHA :))

Ini murni pengalaman pribadi dan semoga berguna untuk yang baca :)

Kebetulan pernah dengar iklan Grab Taxi di radio tapi belum penasaran nyoba sampai akhirnya suami saya cerita tentang pihak Grab Taxi yang diundang di acara talkshow yang dipegangnya (suami saya juga pekerja tv), saya cukup tertarik. Setelah itu saya download tapi belum ingin coba. Ya mungkin suatu waktu kalau kepepet pakai taksi boleh dicoba. Sampai akhirnya kebetulan kami pulang tengah malam dan pengen naik taksi aja, yaudah deh nyoba order.

Cara daftarnya mudah sekali, hanya tinggal daftar nomor telepon dan masukin email. Langkah selanjutnya, masukan tempat kita akan dijemput dan kemana tujuan kita. Lalu pilih pesan taksi reguler atau premium. Kemudian muncul lagi isian form alamat tujuan lengkap dan ada kotak notes yang fungsinya untuk menuliskan patokan tempat kita dijemput atau ciri-ciri kita. Dibawahnya ada kotak promotion code, kalau kita tahu kode silahkan ditulis, nanti biasanya akan dapat potongan harga. Tergantung sih sedang ada promosi apa, Waktu pertama kali order saya kosongin, karena nggak tahu kalau promotion code itu ternyata bisa dilihat di FB Grab Taxi.

Order berikutnya karena saya sudah pintar sekali, saya save aja tuh kode-kode yang ada di FB Grab Taxi. Lumayan kan :p

Besar potongannya pun beraneka ragam, saya pernah coba pakai kode INABERBAGI dan dapat potongan sebesar Rp. 15.000,- Total argo saya hanya 20ribu, jadi saya hanya bayar 5rb. Murah banget kan (jangan contoh ibu pelit ini sodara-sodara ehehe). Selain kita dapat potongan, kode tersebut juga berfungsi sebagai donasi dukungan kampanye-kampanye yang diusung. Misalnya INABERBAGI untuk membantu gerakan berbagi kepada anak-anak pra sejahtera serta anak-anak di daerah terpencil di Timur Indonesia.

Sekarang saya bahas kelebihan dan kekurangan :


Kelebihan pakai Grab Taxi adalah kecepatan pesan order sampai taksi datang. Karena sistem Grab Taxi menggunakan sinyal GPS, jadi ketika kita masukan order, seluruh taksi terdekat yang sudah terintegerasi dengan sistem Grab Taxi akan menerima sinyal kita. Nah, tinggal dari drivernya aja tuh yang cepet-cepetan terima order. Nanti dari hp kita terlihat ada berapa taksi yang ada disekitar kita dan siapa juaranya hihihihi.

Setelah ada driver yang nerima order kita, taksi tersebut langsung menuju tempat kita tanpa disuruh lagi, di hp kita juga tertulis siapakah nama driver yang akan menjemput beserta foto, nomor hp, dan plat nomor mobil. Kita tinggal tunggu aja taksi yang sesuai dengan pesanan akan muncul. Selama taksi itu menuju arah kita, kita bisa melihat dimana lokasi driver lewat GPS, jadi kita nggak khawatir kelamaan, kecuali drivernya kena macet.

Jangan khawatir order kita lama datang, karena sinyal order kita hanya bisa ditangkap oleh taksi jarak terdekat. Jadi, kalau lokasi kamu di Sudirman misalnya, driver yang nerima order nggak mungkin masih di Cawang. Kita juga nggak perlu nunggu 15 menit untuk dicarikan taksi terlebih dahulu oleh operator. So fast!

Oiya, saat kita sudah input order, ada estimasi argo yang bisa kita lihat. Kita nggak akan tertipu argo kuda lagi deh sekarang karena estimasinya tertera jelas sekali. Ini membantu sekali loh buat buibu. Hihihihihi

Kelebihan lainnya, semua order kita terekam oleh sistem Grab Taxi. Oleh sebab itu, kampanye Grab Taxi adalah berpergian dengan aman. Selain order kita terlacak oleh aplikasi, kita juga akan dikirimkan email detail orderan kita sebagai bukti tertulis.

Kekurangan, mungkin nggak semua driver teliti membaca notes yang saya tulis di kotak order. Mereka hanya berpatokan pada tanda titik bulat hitam (simbol) lokasi tempat saya order. Saya pernah order dari rumah, kebetulan titik penjemputan yang muncul ada di depan komplek, sedangkan rumah saya di dalam komplek. Saya sudah tuliskan alamat dan patokan tapi ternyata berdasarkan pengakuan si driver, dia tidak sempat baca, hanya mengandalkan simbol titik tempat saya berada (yang ternyata ada di depan komplek). Jadi, agak sedikit miss masalah lokasi jemput.

Untuk catatan pengguna Grab Taxi juga sih, pilih lah lokasi penjemputan yang mudah dicari. Dengan begitu, driver pun tidak tersesat.

Kekurangan lain, selain kita tidak bisa memilih merk taksi, kita sebagai pemesan pun tidak tahu apa merk taksi yang akan menghampiri kita. Kita jadi nebak-nebak "ini bukan ya.. ini bukan ya.." Apalagi kalau order di tempat ramai seperti mall yang banyak sekali taksi lalu lalang. Mungkin akan mempermudah kita juga kalau ada tambahan info taksi apa yang akan datang. Karena biasanya, dengan menyebutkan merk tertentu, kita akan mencari warna taksi merk itu apabila kita order di tempat ramai. Kita pun mudah menemukannya.

Tidak ada option memilih salah satu brand tertentu sih menurut saya tidak terlalu masalah, karena memang efisiensi waktu yang dibutuhkan. Jika memang taksi yang paling cepat datang adalah si burung biru, maka kita tidak bisa menolak. Tapi lain hal dengan info tambahan merk taksi seperti yang saya jelaskan diatas. Agar kita pun tahu, taksi apa yang akan datang ke tempat kita.

Sekian review Grab Taxi dari saya. Kalau penilaian saya sih, aplikasi ini sangat membantu sekali. Semoga info dari saya bisa mencerahkan buibu semuanya :)


Cheers,
L

Beberapa kode promosi Grab Taxi yang masih berlaku







Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments

  1. Bermanfaat sekali reviewnya Mba, dari dulu pengen nyobain apps ini ngga jadi2, hihi

    ReplyDelete

Shout your comment here and thanks for dropping by :)