Harga Tiket Pesawat untuk Bayi (Infant)

3 comments

Halo semuanyaaa ...
Musim liburan telah tiba, pasti beberapa buibu sibuk mikirin liburan anak enaknya ngapain. Sebagian mungkin sudah matang dengan segala perencanaan tapi mungkin sebagian lagi masih bingung mau kemana.

Saya mau berbagi info mengenai harga tiket pesawat untuk bayi karena beberapa hari lalu kebetulan saya yang bingung berapa estimasi harga untuk tiket pesawat bayi.

Sebagian orang yang memiliki tabungan berlebih, liburan dengan anak nggak perlu pusing mau naik apa, tapi bagi saya, pengaturan uang untuk berlibur ini sangat lah rumit. Maklum, dulu single nggak mikirin mau naik apa, makan apa, nginep dimana, yang penting liburan. Tapi, sejak ada bayi, semuanya harus dipersiapkan secara matang agar si bayi pun terjamin perjalanannya.

Saya sih nggak ngoyo harus liburan mewah tapi nggak ngoyo juga liburan backpacker bawa bayi. Kalau saya mampu untuk bawa bayi liburan enak ya kenapa nggak. toh, saya juga yang enak. Jadi, menurut saya, moda transportasi dengan pesawat memang sebenarnya pilihan yang tepat kalau ingin liburan keluar kota yang berjarak agak jauh, misal dari Jakarta mau liburan ke Jogja atau Bali.


Kalau pakai kereta bukannya nggak mungkin, tapi saya nggak syanggup bawa bayi yang aktif banget harus semalaman di kereta. Di mobil aja yang cuma ke Bandung butuh tenaga super karena bayinya nggak bobo selama perjalanan, bulak balik aja depan belakang kurang lebih dua jam siap siaga, entah nyanyi, entah main, pokoknya bikin si bayi yang sudah bisa jalan ini nggak bosen. Ibuk pegel :(

Setelah debat kusir dengan suami saya yang kayaknya belum mau liburan, akhirnya kami putuskan liburan juga. Yeaaay !!! Istri selalu menang

Kenapa debat kusir, sekali lagi karena kami ingin liburan nyaman, bukan karena asal liburan. Budget lebih memang sangat dibutuhkan, entah untuk sewa mobil atau hotel yang bisa ditoleransi kenyamanannya untuk anak (baca: kids friendly) atau sewa-sewa lainnya.

Berdasarkan hasil googling atas kepenasaranan saya tentang harga tiket bayi, berikut ini saya list harga-harga tersebut berdasarkan maskapainya. Sumber dari Traveloka.

Ketentuan bayi naik pesawat Lion AirWings Air, Malindo, Batik Air:
Usia bayi:
  • Bayi berusia kurang dari 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan.
  • Maskapai berhak tidak mengangkut bayi yang usianya kurang dari 2 (dua) hari.
  • Bayi berusia antara 3 (tiga) dan 7 (tujuh) hari harus memiliki Surat Keterangan Medis (terbit setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan) dari dokter yang menyatakan bayi dalam keadaan sehat untuk perjalanan udara.
  • Orang tua bayi harus menandatangani Formulir Ganti Rugi yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban sekiranya terjadi apa-apa dengan bayi selama penerbangan.
Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada

Ketentuan bayi naik pesawat Sriwijaya AirNAM Air:
Usia bayi:
  • Bayi berusia 0-23 bulan pada saat penerbangan.
  • Lingkar pinggang bayi tidak boleh melebihi 40 cm dan kepala bayi tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku.
Tarif bayi: Sekitar 10% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada

Ketentuan bayi naik pesawat Garuda Indonesia:
Usia bayi:
  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi berusia di bawah 7 hari setelah dilahirkan tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Bayi prematur dapat terbang dengan melengkapi Medical Information (MEDIF) dan laporkan kondisi tersebut pada petugas darat.
  • Bayi harus disertai dengan seorang pendamping dewasa yang memangku bayi tersebut.
  • Pendamping tersebut harus bepergian pada penerbangan yang sama, di kelas yang sama, dan untuk tujuan yang sama dengan bayi.
  • Satu bayi wajib didampingi oleh satu penumpang dewasa yang mengambil tanggung jawab penuh atas bayi.
  • Bayi dapat menggunakan fasilitas Baby Basinet yang disediakan oleh Garuda di dalam pesawat (selama masih tersedia), namun pada saat lepas landas, mendarat dan kondisi turbulensi, bayi wajib dipangku.
  • Awak kabin akan membantu penggunaan sabuk pengaman khusus bagi bayi. Selain itu juga disediakan pelampung khusus bagi bayi yang akan dikumpulkan kembali setelah mendarat. Pelampung tersebut hanya digunakan pada saat kondisi darurat.
Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: gratis 10 kg.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan

Ketentuan bayi naik pesawat Citilink
Usia bayi:
  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.
Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan

Ketentuan bayi naik pesawat AirAsia:
Usia bayi:
  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.
Tarif bayi: Rp 150.000
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan

Ketentuan bayi naik pesawat Tigerair Mandala:
Usia bayi:
  • Bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa (berusia 18 tahun atau lebih), satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.
Tarif bayi: Rp 150.000. Jika ingin book tempat duduk sendiri untuk bayi, maka dikenakan tarif tiket dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller dan kursi bayi di kabin: Tidak diizinkan

Ketentuan bayi naik pesawat Jetstar:
Usia bayi:
  • Bayi adalah berusia kurang dari 2 (dua) tahun saat penerbangan.
  • Untuk bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari khusus Jetstar (JQ), Jetstar Asia (3K) dan Valuair (VF), orang tua harus mengisi formulir Jetstar Travel Celarance. Bayi dengan usia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan Jetstar Pacific (BL) dan Jetstar Japan.
  • Bayi wajib disertai bukti usia seperti akte lahir atau paspor (wajib untuk internasional)
  • Bayi harus disertai dengan orang tua atau orang dewasa berusia 15 tahun atau lebih.
Tarif bayi:Gratis jika tidak duduk di tempat duduk sendiri (khusus rute domestik dan rute antara Australia dan Selandia Baru). Untuk rute lain, berlaku tarif bayi.
Bagasi bayi: Tidak ada

Nah, lumayan lengkap ya perkiraan harga untuk tiket pesawat bayi diatas. Buibu jadi punya estimasi harga untuk hitung-hitungan budget transportasi saat liburan.

Semoga artikel ini membantu :)

Cheers,
L

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar

  1. Berarti kalau anak umurnya 25 bulan pada saat naik pesawat kena tarif anak2 yaa? Soalnya bingung ini bulan ini anak msih 24 bulan. Rencana liburan bulan depan dan itu masuk 25 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, usia 25 bulan sudah kena tarif toddler. Harganya sama dengan harga dewasa karena mereka akan dapat kursi sendiri untuk duduk.

      Hapus

Shout your comment here and thanks for dropping by :)