Solusi Mengatasi Ngidam Untuk Ibu Hamil

1 comment
Bagi ibu-ibu yang pernah hamil pasti sudah paham betul arti ngidam. Perasaan yang tidak bisa ditahan-tahan untuk makan sesuatu saat hamil. Bagaikan sebuah cobaan ya, sepertinya ada aja keinginan makan sesuatu yang sampai kebawa-bawa mimpi. Malah kadang bangun tengah malam untuk minta ke suami beliin ini itu. Kadang pula ada permintaan yang aneh-aneh bukan hanya sekedar makanan. Sebenarnya ngidam itu apa sih ?

Ngidam merupakan tanda bahwa tubuh butuh sesuatu. Ketika hamil, tubuh memang butuh banyak asupan. Nah, ngidam ini adalah alarm dari dalam tubuh kita untuk segera mengonsumsi makanan tersebut. Tapi, ngidam hal-hal aneh bukan termasuk tubuh butuh sesuatu loh. Ngidam aneh malahan harus diwaspadai. Misalnya, ngidam ingin nyium bau bensin, ngidam nyium cairan pembersih lantai atau bahkan ngidam nyium ketek suami. Heemmm aneh ya kan hihihi. Kalau posisi ibu sudah ngidam aneh ini namanya bukan ngidam lagi, namanya Pica. Pica harus segera dihentikan, jika tidak akan berakibat buruk untuk janin. Jika butuh pertolongan pun, buibu harus segera konsultasi ke dokter.

Tapi nggak semua ngidam harus dituruti karena biasanya ngidam pun beraneka ragam, termasuk makan makanan yang nggak sehat. Untuk ibu hamil, harus ingat batasan-batasan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan. 

Saya sempat konsultasi waktu hamil dulu, kalau makanannya masih normal dan masih dalam batas konsumsi yang sedikit masih dibolehkan. Misalnya saya ingin mie instan, sekali saja cukup dalam waktu beberapa bulan ke depan, baru boleh makan lagi.
Dari hasil tanya-tanya ke buibu muda (berjumlah delapan orang) setuju bahwa mereka semua mengalami ngidam saat hamil. Hanya satu dari delapan orang yang pernah ngidam makanan yang dilarang. Tapi, delapan orang tersebut mengatakan bahwa ngidam bisa dialihkan menjadi makanan lain jika ngidam yang mereka inginkan tidak terpenuhi. 

Biasanya orang hamil akan minta sesuatu yang sedang mereka pikirkan. Jadi, salah satu solusi jika ngidam buibu tak tersalurkan adalah cari makanan yang mendekati. 

Waktu saya hamil, saya memang selalu ingin makan makanan yang dulu sering saya makan. Kalau sebelum hamil, kita makan tanpa mikir, karena nggak ada yang bergantung pada asupan yang kita makan. Lain hal saat mengandung. Kita harus mikir seribu kali apakah makanan tersebut baik untuk janin. Tapi, balik lagi sih, selama makanan masih dalam batas normal, matang, bersih, tidak mengandung alkohol dan gas yang berlebihan, insyaallah aman. 

Misalnya waktu itu saya pengen banget makan Sushi, Steak, Mie Instant, Ayam Chrispy dari resto cepat saji dan Pizza. Antara ngidam atau aji mumpung hihihi.. Tapi beneran loh saya cukup makan sekali aja selama hamil itu rasanya puas banget. Solusi lain, saya akan cari makanan sejenis atau masak sendiri. Dijamin aman.

Sushi mentah bisa diganti dengan sushi matang. Mie instant boleh dimakan tapi cukup sekali aja, direbus dua kali supaya aman. Ayam dan pizza pun saya makan tapi masih sebulan sekali. Sangat diminimalisir.

Nah, buat buibu yang lagi ngidam, khususnya Pizza. Saya punya solusinya yang insyaallah aman kalau dikonsumsinya dalam batas normal. Daripada ngidam Pizza nggak kesampaian ya kan. Coba deh makan Pizza Goreng. Soal rasa, mirip sama Pizza asli. Bedanya cuma bentuknya aja yang bulet kaya pastel. Digoreng dengan api kecil, agar isi didalamnya melted. Kebayang dong ya, garing diluar, melted didalam, makan anget-anget sambil ngopi-ngopi pas ujan-ujan. Ngileeerrr :(



Pilihan rasanya pun macam-macam. Ada 8 pilihan rasa ; Smoked Beef, Chicken, Rendang, Kari Ayam, Sosis Sapi, Ikan Tuna, Double Chees dan Mushroom. Soal harga masih terjangkau, hanya Rp. 65.000 sebungkus isi 8 pizza goreng. Satu buah pizza lumayan besar, makan 1 atau 2 sudah cukup kenyang. Pizza goreng ini bisa kamu beli di Olshop via Instagram @mairashop_id atau bisa langsung Whatsapp pesanan kamu ke 0878-8944-7229 mudah kan ngedapetinnya hihihi

Jadi, gimana solusi mengatasi ngidam ? Ini lah beberapa solusi dari survey yang saya adakan kecil-kecilan. 

1. Bikin sendiri atau minta dibikinin dengan bahan yang sudah pasti aman.
2. Beli makanan yang diinginkan tapi makan dalam batasan normal, cukup sekali makan untuk mengurangi rasa penasaran. Dengan catatan makanan itu aman untuk bumil atau mengurangi kadar makanan didalamnya, misalnya minta garamnya sedikit.
3. Beli makanan yang mendekati atau menyerupai. Contoh mengganti Sushi mentah dengan sushi matang, Pizza satu pan dengan pizza goreng. Dsb.
4. Sugesti ke diri kita sendiri bahwa sebenarnya ngidam pun bisa dimanipulasi, mengalihkan pikiran ke makanan lain yang mudah didapat.

Sekian solusi ngidam dari saya, semoga buibu yang lagi ngidam bisa dengan bijak pilih-pilih makanan. Jangan sampai menyesal seumur hidup karena janin yang dikandung sangat berharga. Orang lain susah payah mendapatkannya, sedangkan kita yang beruntung sudah dapat harus selalu dijaga.

Keep positive thought :)



Cheers,
L


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

1 comment

  1. Wah niat banget survei 8 orang buat nulis tulisan ini :) wah ngga semua ngidam harus dituruti ya :) makasih mba :)

    ReplyDelete

Shout your comment here and thanks for dropping by :)