Mau Kemana di Singapore ?

No Comments
Halo buibuuu !!!

Seperti biasa libur lebaran bikin males nulis. Berhubung tulisan saya lumayan banyak di tumblr, dikit-dikit saya repost disini aja ya. 

Tulisan tentang Singapore ini saya post tahun 2014 (baca disini), sedangkan tripnya di bulan April 2013 dan Desember 2013. Waktu itu SGD masih Rp. 7900 kalau nggak salah. Dua kali trip, pertama sama sahabat saya dan kedua suami saya dalam rangka honeymoon, ihiiiiyyy !!!

----------
----------

Entah mengapa saya merasa perlu menulis “how to get there” tempat-tempat di Singapore. Pertama sih karena takut lupa kalau mau kesana lagi jadi saya tulis aja di blog, kalau lupa tinggal baca dan kedua karena ingin berbagi info ke pembaca (kaya ada yang baca aja :p).
Cara yang saya tulis hanya naik MRT, sekali lagi ya hanya MRT. Saya pernah sih pakai bis ke tempat yang sama beberapa kali tapi ga pernah inget nomer bisnya. Jadi, yang paling gampang diinget ya naik MRT. Lokasinya juga tertentu, hanya yang pernah saya datangi hihihihi
Start kita samain aja semua dari Changi Airport, selanjutnya kalian bisa sesuaikan dari lokasi asal kalian berangkat, tinggal ikutin jalurnya aja, yang penting hafalin stasiun akhir tujuan kalian dimana dan jalur warna apa.
Ini petanya silahkan di save :)

How to Get There ?
1. Merlion Statue (Patung Merlion)
Dari Changi Airport (jalur hijau), kalian harus transit pertama di Tanah Merah. Karena MRT ini akan kembali lagi ke Changi, jadi cuma jalur khusus penghubung bandara.
Masih di jalur yang sama (hijau), naik MRT lagi ke arah Joo Koon. Berhenti di Raffles Place (stasiun ke 10 setelah Tanah Merah). Keluar di exit H. Jalan kaki kearah sungai lewat pinggiran gedung Standard Chartered, kalau udah ketemu sungai belok ke kanan (posisi sungai di sebelah kiri dan gedung di sebelah kanan). 
Telusurin sungai lewat gedung Maybank (ada patung-patung lucu depan gedungnya), jalan kaki terus sampai ketemu jembatan besar yang membelah sungai. (Namanya Fullerton Road, disamping kanan ada The Fullerton Hotel). 


Naik keatas jembatan terus nyebrang. Di seberang jalan ada tangga, turun lagi ke bawah kolong jembatan, kalian akan melewati Starbucks di kolong itu. Jalan sedikit lagi ke depan daaaaannn sampailah di patung Singa yang dicari-cari, Merlion Park.

2. Esplanade
Waktu itu saya nggak masuk ke dalam, jadi cuma foto di luar dan itupun jalan kaki nyebrang sungai lewat jembatan di depan Merlion Park kearah Esplanade itu. Nggak jauh kok.
Kalau mau naik MRT langsung ke Esplanade dari Changi Airport (jalur hijau) transit di Paya Lebar pindah ke jalur kuning, naik yang arah Dhoby Ghaut. Turun di stasiun Esplanade (stasiun ke 6 dari Paya Lebar). Nanti langsung muncul di dalam Esplanade Mall.

3. Singapore Flyer
Dari jalur hijau (Changi Airport), transit di Paya Lebar pindah ke jalur kuning arah Marina Bay. Turun di stasiun Promanade (stasiun ke 5 setelah Paya Lebar). Keluar di exit A. Muncul nanti disamping-samping gedung cari jalan besar bernama Temasek Ave. Telusurin aja jalan Temasek Ave itu sampai perempatan, Singapore Flyer itu udah keliatan kok. Nyebrang ke jalan Raffles Boulevard. Ikutin aja terus jalan di depan sampai ketemu Singapore Flyer itu.

4. Marina Bay Sands
Hotel yang memiliki infinity pool di Singapore. Itu loh tiga gedung yang diatasnya ada sambungan mirip perahu. Jalurnya sama seperti Singapore Flyer yaitu jalur kuning. Jadi dari Changi Airport (jalur hijau) transit di Paya Lebar pindah ke jalur kuning arah Marina Bay, turun di Bayfront (stasiun ke 6 setelah paya Lebar). Nanti langsung muncul didalam Mall Marina. Gampang kan yaaaa :D

Tips: Keempat tempat diatas memang kalau kita lihat di foto itu dekat. tapi percaya deh, dari satu tempat ke tempat lain sumpah jauh banget. Jadi misalkan destinasi empat tempat diatas menjadi pilihan kalian, pertama kalian bisa ke Merlion Park dulu. Jadi turun di Raffles Place (jalur hijau). Setelah puas foto-foto di Merlion Park terus jalan kaki aja ke Esplanade. Tinggal nyebrang jembatan masuk ke Esplanade. Kalau mau ke Marina Bay Sands, keluar Esplanade terus nyebrang jalan aja, gedungnya persis depan Esplanade (nyebrang Raffles Ave). setelah itu baru deh ke Singapore Flyer naik MRT dari Bayfront (Marina Mall) arah Harbour Front, turun di Promanade (jalur kuning). Cuma satu stasiun loh ya tapi jaraknya kalau jalan kaki lumayan bikin marah-marah apalagi pas cuaca panas, sekitar 1km.

5. Universal Studio Singapore (USS)
Dari Changi Airport (jalur hijau), kalian transit di Outram Park. Pindah jalur ungu turun di Harbour Front. Dari situ cari exit E yang langsung nyambung ke Vivo City, sebuah Mall yang bersebrangan dengan Pulau Sentosa. Kalian harus naik MRT khusus ke Sentosa di lantai 3 (L3). 
MRT ini berhenti di 3 stasiun; Waterfront, Imbiah dan Beach Station, kemudian balik lagi ke Vivo City.
Pilihan lain dari Vivo City kalian bisa jalan kaki ke Sentosa lewat jembatan penghubung yang disebut Sentosa Broadwalk di lantai 1 (L1).
Kalau mau langsung ke USS naik MRT turun di Waterfront. Stasiun berikutnya tidak terlalu jauh, kalian bisa jalan kaki aja buat jalan-jalan di sekitar Sentosa itu.

Oiya, di Vivo City ini ada Sephora, jadi buat cewek-cewek yang suka banget make up dan skincare, pasti wajib banget mampir kesini. Sebenarnya Sephora sekarang sudah ada di Indonesia, tapi berhubung pada jaman saya ke Singapore di Jakarta belum ada Sephora, jadilah mampir kesini beli titipan skincare-skincare untuk teman saya. 


Selain itu kalian juga bisa mengunjungi museum-museum. Tapi sayang banget, pas saya kesana, saya lebih tertarik jalan-jalan dalam arti sesungguhnya. Jalan kaki di Orchard, jalan kaki di Bugis, jalan kaki di Chinatown, karena suasana yang nyaman, nggak ada klakson angkot atau motor seliweran. Saya mau menikmati jalan kaki secara damai, hahahaha.

1. Singapore Art Museum (SAM) & National Museum of Singapore
Museum ini keduanya bersebrangan jadi tinggal nyebrang aja kalau mau masuk dua-duanya. Dari Changi Airport (jalur hijau) transit di Tanah Merah, pindah kereta aja, tetap di jalur hijau lalu transit di Paya Lebar, pindah ke jalur kuning arah Dhoby Ghaut. Turun di Bras Basah.
Keluar di Exit C munculnya nanti persis di depan SAM. Kalau mau ke National Museum tinggal nyebrang lagi lewatin stasiun Bras Basah. Gedungnya sih agak-agak keliatan dari SAM. 

2. Kuil Sri Mariamman
Waktu itu saya kesini nggak sengaja, tahu-tahu ada kuil aja gitu di ujung jalan Chinatown. Caranya bisa sampai kesini jelas banget menuju Chinatown. Dari Changi Airport (jalur hijau), transit di Paya Lebar, pindah ke jalur kuning tujuan akhir Dhoby Ghaut. Turun di Dhoby Ghaut lalu transit lagi ke jalur ungu arah ke Harbour Front. Turun di Chinatown. Keluar di Exit A kalau nggak salah, muncul di pasar Chinatown. Telusurin jalan aja ke belakang, sampai mentok nanti di ujung jalan ada Kuil ini. Kalau bingung, cari Pagoda Street atau Temple Street, di kedua ujung jalan itu letak kuilnya.

Terus terus ..
Bingung nih berikutnya mau lokasi mana lagi. Berhubung saya nggak jalan ke tempat wisata lain seperti Jurong Bird, Garden by The Bay, Singapore Botanic Garden, dll (karena menurut saya itu semua ada di Jakarta kecuali Garden by The Bay, waktu itu lupa mau kesana), jadi saya langsung destinasi mall to mall aja kali ya. Mungkin nanti pas punya anak baru jalan-jalan ke tempat wisata :p

1. IKEA & Anchorpoint Mall
IKEA lokasinya agak jauh dari stasiun MRT. Dan harus nyambung lagi naik bis. Sebenarnya ada 2; di Alexandra dan di Tampines. Berhubung saya mau ke Anchorpoint Mall, jadi saya pilih yang di Alexandra. Kenapa mau ke Anchorpoint Mall ? Karena disitu ada Cotton On, yang mana pada tahun saya ke Singapore, Cotton On belum ada di Indonesia. Kalau sekarang sih ke Grand Indonesia aja atau Kota Kasablanka, udah ada Cotton On kok disana.
Start dari Changi Airport transit Tanah Merah (jalur hijau) seperti biasa cuma ganti kereta aja, jalurnya tetap hijau menuju arah Joo Koon. Turun di Redhill. Naik bis nomor 120 atau 33, turun persis di depan IKEA.
Kalau mau ke Anchorpoint Mall ya tinggal nyebrang dari IKEA aja. Cotton On letaknya di lantai 2 kalau nggak salah :p

2. Orchard Road
Di Orchard Road ini banyak mall, jadi saya nulis ke Orchard roadnya aja ya. Nanti bisa mall to mall jalan kaki. Orchard itu di jalur merah. Agak ribet sih kalau dari Changi Airport (jalur hijau), karena pindah jalurnya dua kali.
Kalau dari Changi Airport (jalur hijau) transit di Paya Lebar pindah jalur ke jalur kuning dulu arah Harbour Front lalu transit lagi di Bishan pindah ke jalur merah arah Marina Bay. Turun di Orchard (jalur merah).
Pilih keluar ke Exit D aja, nanti muncul di Wisma Atria. Pas kalian sudah keluar mall itu, kalian akan nemu yang namanya Orchard Road. Sepanjang jalan itu adalah mall. Ada Lucky Plaza, Nge Ann City Tower, Paragon, ION, The Centrepoint, dll.
Jalur ini juga bisa kamu lalui kalau mau ke Mount Elizabeth Hospital. Letaknya di belakang Lucky Plaza. Jadi kalian keluar dari Wisma Atria terus nyebrang ke Lucky Plaza, nah cari rumah sakitnya dibelakang itu.

3. Bugis Street & Kampong Glam
Ke Bugis Street:
Karena lokasi kedua tempat itu berdekatan dan satu pemberhentian jadi nulisnya digabung aja. 
Letak Bugis Station di jalur hijau, jadi nggak usah pindah-pindah jalur kalau dari Changi Airport tapi tetap harus pindah kereta di Tanah Merah. Lanjut kereta di jalur yang sama turun di Bugis.
Keluar Exit A langsung ke Victoria Street. Nyebrang jalan lewat gedung Bugis Village, persis dibelakangnya ada Albert Centre Food & Market (hawker). Di Bugis Village kalian juga bisa belanja murah, kalau mau beli oleh-oleh Singapore macam gantungan kunci, tas lucu-lucu, atau baju-baju Korea disini tempatnya.
Jika pilih Exit C maka keluarnya disamping Bugis Junction (Mall). Tinggal jalan kaki sedikit pindah gedung ke sebelah kiri.

Ke Kampong Glam (Arab Street)
Keluar Exit B kalau mau Kampong Glam atau Raffles Hospital. jalan kaki aja kearah Arab Street, kalau sudah ketemu perempatan Arab Street belok ke kanan, ketemu perempatan North Bridge Road, belok ke kiri nanti ada Masjid Sultan (Sultan Mosque). Jalan terus aja lewatin masjid nanti ketemu Malay Heritage Centre, belakangnya itu Kampong Glam Area.

4. Little India & Mustafa Centre
Menuju Mustafa Centre menurut saya lebih dekat dari stasiun Farer Park dibanding turun di stasiun Little India. Kalau dari Changi Airport (jalur hijau), transit di Paya Lebar, pindah jalur kuning arah Harbour Front, transit kedua di Serangoon, pindah jalur ungu arah Harbour Front juga, turun di Farrer Park.
Keluar di Exit H nanti muncul di City Square Mall. Cari pintu keluar Mall yang langsung menuju Serangoon Road. Belok ke kiri, kira-kira satu blok jalan kaki, nanti disebelah kiri ada pusat perbelanjaan tidak terlalu besar seperti mall, mirip Ramayana kalau di Indonesia, tulisannya Mustafa Centre.
Kalian bisa jalan-jalan di sekitaran Little India, ada hawker juga disana. Kalau saya waktu itu cuma tertarik ke Mustafa karena mau beli coklat murah meriah.

5. Chinatown
Sudah dijelaskan direction menuju Sri Mariamman Temple sebelumnya. Caranya bisa sampai kesini jelas banget menuju Chinatown. Dari Changi Airport (jalur hijau), transit di Paya Lebar, pindah ke jalur kuning tujuan akhir Dhoby Ghaut. Turun di Dhoby Ghaut lalu transit lagi ke jalur ungu arah ke Harbour Front. Turun di Chinatown
Keluar exit A nanti langsung muncul di pasar Chinatown. Disini banyak barang-barang lucu buat oleh-oleh. Gantungan kunci apalagi, 1SGD for 15 bahkan saya pernah nemu gantungan kunci seharga 1SGD for 30. Sabar jangan keburu nafsu, cari yang paling murah meriah.

6. Clarke Quay
Dari Changi Airport (jalur hijau) transit di Paya Lebar, pindah ke jalur kuning tujuan akhir Dhoby Ghaut. Turun di Dhoby Ghaut lalu transit lagi ke jalur ungu arah ke Harbour Front. Turun di Clarke Quay. Keluar Exit C aja yang langsung menghadap ke sungai. 
Kalau saya waktu itu nggak naik MRT, tapi jalan kaki dari Chinatown. Lumayan sih nggak jauh-jauh amat. Pernah juga naik bis, tapi nggak inget nomer berapa.


=======================================


Sekian ya “how to get there” dari saya. Jangan pernah malu untuk nanya, karena kalau nyasar nanti malah tambah jauh. Kalau saya sih selalu nyelipin pertanyaan, “how far ?”, trus pasti dijawab “not far from here” dan saya nggak pernah percaya kalau itu deket. Setiap dijawab “dekat” pasti itu jauh.
Kayanya ada perbedaan definisi “dekat” untuk orang Indonesia dan Singapore. Kalau Indonesia dekat itu di gang sebelah yang hanya berjarak 250m-500m, tapi kalau orang Singapore jarak 0.5km-1km itu “dekat”. Karena pada dasarnya mereka suka jalan kaki. Plis, saya udah ngebuktiin berkali-kali dan pernah pula dianterin padahal itu lokasi jauh banget :(
Semoga bermanfaat :)

Cheers,
L

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment

Shout your comment here and thanks for dropping by :)