Tips Mengembangkan Blog Pribadi

26 comments
Halo!

Menjadi bagian dari pekerja kreatif di industri digital membuat saya banyak belajar dalam berbagai hal terutama menjadi salah satu orang yang 'digital savvy' karena pekerjaan saya menuntut saya untuk bisa memberikan solusi dan menjalankan strategi untuk beberapa brand yang saya pegang.

Sebagai seorang Social Media Specialist yang belum seberapa berpengalaman dan pindahan dari perusahaan konvensional ke perusahaan serba digital, tentu saja saya 'jetlag'. Saya belajar bagaimana cara mengembangkan berbagai platform social media agar semua terintegrasi satu sama lain. Kami mengenalnya sebagai Inbound Strategy. Dulu, awalnya saya cuma mengerti Google Analytic dan Adsense, sekarang lumayan mengenal beberapa tools tambahan dan membaca trend tertentu. Saya juga baru mengenal berbagai istilah yang sulit saya cerna tapi pada akhirnya saya pun paham. Intinya adalah pengalaman ini bisa menjadi bekal saya untuk meningkatkan level blog pribadi saya (aamiin!). Oiya, salah satunya bocoran untuk meningkatkan produktivitas ngeblog kamu juga adalah dengan memiliki notebook yang mendukung dari Intel Core i3/i5/i7. Kenapa? Karea diklaim memiliki kecepatan dan kinerja grafis terintegrasi dan lebih efisien dalam konsumsi daya dar Intel Core generasi sebelumnya.

Saya mungkin akan berbagi sedikit dari yang saya pelajari tentang bagaimana mengembangkan blog.

1. Find out your background blog 
Buat kalian yang sudah memiliki blog pasti secara nggak sadar sudah memiliki background sendiri tujuan kalian ngeblog itu untuk apa. Tentukan dan perjelas mau dibawa kemana content kalian. Biasanya, setelah beberapa kali ngepost tulisan (bahkan tahunan), ada beberapa kontent yang paling menonjol di blog kalian. Pelajari konten mana saja yang paling menonjol dan paling banyak viewersnya, lalu kerucuti. Mungkin bisa menjadi 'insight' untuk kalian, akan kalian bawa kemanakah arah blog kalian. Dari 'habit' menulis kalian dan dari hasil analytic, kalian bisa dapat 'insight' konten apa yang paling banyak dicari dan bisa kalian jadikan 'jati diri' blog itu sendiri.

Contohnya ya, sebanyak 60% tulisan kalian merupakan tulisan berbau travelling, sisanya terbagi menjadi tulisan 'beauty', 'kuliner' atau artikel-artikel lainnya. Lihat di analytic apakah tulisan travelling kalian ini memang memiliki banyak viewers? Jika iya, maka blog 'trend' kalian adalah tulisan tentang travel. Dari situ, kalian jadi tau, orang berkunjung ke blog kalian karena tulisan travelingnya menarik. Maka, tulisan yang berbau travel bisa diperbanyak atau dijadikan daily content dengan presentase lebih banyak dari tulisan tema lainnya.

Contoh lain mungkin blog saya sendiri, most popular post adalah konten parenting dan memang konten parenting memiliki jatah lebih banyak dibandingkan konten lain. Jadi, sudah kebaca dong ya mau dibawa kemana jati diri blog ini, parenting life :D





2. Find out your readers demographic
Seorang blogger pasti tahu yang namanya Analytic. Mungkin beberapa dari kalian pun sudah paham cara baca Analytic. Nah, kalian bisa pergunakan analytic ini bukan hanya untuk melihat tulisan mana yang paling banyak viewersnya tapi kalian bisa menentukan siapa target dari blog kalian serta seberapa banyak pembaca wanita dan pria yang berkunjung. Kenapa menentukan target audience itu penting ? Karena dari audience lah kalian dapat traffic. Sekarang coba buka analytic blog kalian, lihat di demographic blog masing-masing, usia berapa yang selama ini hadir di blog. Millenial kah? atau Gen X kah? Kemudian buatlah konten yang mungkin nggak terlalu jauh dari audience kalian selama ini. Dengan membuat konten menarik sesuai audience, mereka bisa lebih lama baca blog kalian dan ada kemungkinan blog kalian lah yang akan mereka baca secara berkala sebagai bahan referensi. Konten yang sesuai target akan membuat pengunjung blog kalian betah lama-lama di blog kalian. Mereka akan baca related post lainnya jika memang blog post kalian menarik.





3. Make frameworks
What is framework? Framework dikenal sebagai fondasi bangunan. Kenapa ini perlu? Karena blog tanpa fondasi yang kuat hanya akan berumur singkat. Dari framework juga, saya yakin nggak akan kehilangan arah dan ide untuk mengembangkan. Bagaimana menentukan frameworks?

Mudah!

Temukan tiga kata yang menurut kalian bisa mendeskripsikan blog kalian sesuai dengan langkah 1 dan 2 (dan tentu saja setelah membaca analytic). Contoh : Young, Beauty and Cheerful. Sebut saja mereka adalah pilar dari frameworks kalian. Setelah itu buatlah sebuah kalimat gabungan ketiganya yang nantinya akan menjadi framework kalian. Simplenya, kalimat itulah yang menjadi 'umbrella' atau payung dari keseluruhan blog. Sehingga tulisan kalian nggak jauh-jauh kemana-mana. Contoh: Be a guide for a beauty and young girl.

Nah, apa fungsi dari kalimat-kalimat itu ?
Dari situ kalian bisa mengembangkan konten. Cari referensi tulisan yang memang tidak jauh dari framework kalian. Tulisan tentang beauty, dengan kalimat yang mudah dipahami wanita muda dan tentu saja banyak info menarik. Lalu bagaimana dengan konten tulisan lainnya? boleh saja kok. Tapi seperti yang saya bilang, usahakan porsi tulisan untuk targeted audience (poin 2) lebih banyak.




Setelah 3 langkah diatas, kalian bisa lanjut merancang jadwal post dan konten apa saja yang akan kalian buat. Setidaknya, kalian butuh satu minggu sebelum eksekusi dan ini harus dilakukan setiap bulan. Namanya, Planning.

Jadi, luangkan satu minggu di awal bulan untuk membuat "Planning" bulan berikutnya.

1. Create content plan every month
Ada kalanya satu minggu di awal bulan saya, diisi dengan merenungkan jadwal, konten apa saja yang akan saya tulis dibulan berikutnya. Research first. Jika, konten kalian seputar 'Beauty' maka, carilah referensi trend apa yang akan ramai dibulan depan tapi jika memang ingin berbeda, carilah tulisan yang mungkin orang akan cari kapanpun. Contoh: Jika memang kamu sudah claim diri kamu adalah beauty blogger, seharusnya kamu tahu betul, konten apa saja yang akan banyak dicari orang dibulan berikutnya. Mungkin kalian bisa tulis "Perbedaan BB Cream dan CC Cream".

Kamu bisa cari referensi tulisan yang sekiranya akan banyak dicari targeted audience kalian dalam jangka waktu lama. Longtime term. Ide mengulas BB Cream dan CC Cream mungkin bisa jadi akan banyak dicari sepanjang skincare tersebut masih diproduksi dan digunakan para wanita. Ngerti kan yaaa? Nah, selain itu kalian harus konsisten.

Blog dengan traffic bagus biasanya adalah blog yang ditulis konsisten. Caranya ?

Tentukan kesanggupan kalian ngepost konten tulisan berapa kali seminggu. Misal, dua kali seminggu (Senin dan Kamis). Tight with that schedule. No excuse. Jika sanggup malah lebih bagus setiap hari. Contoh: 2 kali seminggu berarti kalian harus menulis 8 tulisan sebulan. Mulailah satu bulan sebelum seluruh tulisan ini dipost dibulan berikutnya.

Buat sheet / excel yang isinya tanggal post, tema blog, apa imagenya, dan keterangan. Di sheet yang sudah kalian sediakan, tentukan tanggal berapa tulisan itu dipost sesuai dengan jumlah post tadi misalnya 8 tanggal post ditiap Senin dan Kamis.

Misalnya, Februari kalian sudah bikin content plan di awal minggu, selama sebulan itu buatlah 8 tulisan lengkap dengan image serta lengkapi content plan tabel/sheet tadi. Di akhir bulan, pastikan 8 tulisan tadi sudah siap publish. Masuk ke bulan berikutnya which is Maret, schedule seluruh tulisan sesuai dengan tabel content plan / sheet kalian. Biarkan otomatis posting sendiri sesuai schedule. Lakukan hal tersebut ditiap awal bulannya. Agar blogpost kalian konsisten dan terarah.





2. Create calender one year
Untuk lebih mendorong niat kalian untuk ngeblog. Buatlah activity calender blog kalian untuk satu tahun kedepan. Fungsinya apa ?

Agar kalian tidak kehabisan ide atau kehilangan arah untuk membuat sebuah tulisan. 

Caranya ?
Buka kalender, lihat ada hari spesial apa di tiap bulannya. Lalu tentukan tema tulisan di bulan itu apa. Misalnya, Juni tema besarnya Lebaran, Juli tema besarnya Holiday, Agustus tema besarnya Back to School, dst.

Dari tema tiap bulan tadi, tulisan kalian mulai terarah. Juni kalian bisa buat tulisan beauty bagaimana berpenampilan menarik saat lebaran, tutorial make up untuk lebaran, trend baju apa yang akan hadir di lebaran, dan ide-ide lainnya seputar lebaran.

Quote from Professore Joseph Del Bene


Mudah kan ?
Nah, ada satu lagi pendukung yang kelupaan saya sebut. Laptop atau Notebook yang mumpuni. Ini hal yang penting juga loh, gimana mau bikin konten kalau laptopnya aja nggak mendukung? Iya kan..

Asuspro P2430U hadir untuk mendukung niat kamu. Laptop dengan Intel Core generasi ke-6 ini sangat bisa diandalkan. Desain yang elegan bisa dijadikan pilihan untuk kamu kalangan Milenial agar terlihat muda dan menggairahkan :D

Notebook ini pun menyediakan dukungan grafis yang mumpuni yakni discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M. Fungsinya jelas membantu kamu-kamu yang bekerja dengan multimedia.

Memori utama sebesar 4GB dan bisa ditambah kapasitasnya menjadi 2 slot memori dan menampung hingga 16GB. Asuspro ini jelas mendukung kamu lebih produktif karena kamu nggak akan mengalami lagi yang namanya lemot. Apalagi buat kamu yang sering mendesain sendiri image-image di blog.

Selain itu, tambahan lainnya adalah Asuspro menyediakan 4 buat port USB yang beda dari notebook lainnya yang biasanya hanya 2. Kecepatan transfer datanya pun 10x lebih cepat. Salah satu port USB tersebut mendukung USB Charger+. Ini berguna banget buat kamu yang suka nge-charge gadget dengan laptop.

Untuk keamanan, USB port dilengkapi dengan password loh. Sehingga nggak sembarang orang bisa transfer data dari notebook kamu. Sama halnya dengan hardisk, hardisknya pun bisa di-lock. Kurang aman apalagi ya kaaannn. Untuk kamu yang suka insecure data dicuri, Asuspro bisa jadi pilihan notebook kamu.




Yeay !
Cukup simpel kan gimana cara mengembangkan blog kamu yang selama ini mungkin sudah terlanjur banyak tulisan tapi kurang tahu mengembangkannya. Bahasa kerennya me-monetize. Jika kalian mau diskusi langsung ke saya atau sekedar mau punya modul 'contekan' bacaan saya diatas tentang bagaimana mengembangkan blog, saya punya referensi juga lho, kalian bisa colek saya langsung lewat komen blog atau email saya.

I'm very welcomes to discuss :)

Semoga bermanfaat ya !


Cheers,
L



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

26 comments

  1. Salam kenal...tulisan menarik..sy banyak belajar dari blog ini..mohon kesediaan bertandang dan meninggalkan jejak komentar pada tulisan saya ini terima kasih http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/01/teman-terbaik-membidani-ekspresi-diri.html

    ReplyDelete
  2. Asus ini bikin mupeng yaaaa. Aku pingin makin handal ngedit foto dan videoooo.. Ngga ada yang mau nyumbang apah?! hahaha..

    ReplyDelete
  3. bagus nih tips2 nya :).. selama ini aku nulis ga sampe sedetil itu sih ... apalagi planning setahun.. ada bgsnya aku mulai ngelakuin juga.. jd ada arah mau nulis ttg tema apa lg di blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Jaadi nggak pusing lagi nentuin mau nulis apa kalau sudah jelas planningnya, tinggal cari referensi tulisan aja :)

      Delete
  4. Wah saya yang masih gado gado nih isi blognya..tapi tetap menonjolkan hasil-hasil jepretan photo sih ... :) yang emang judul web saya dewinielsenphotography :) semoga pembaca nggak bosan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah justru kalau banyak fotonya malah nggak bosen mba. Tinggal kita yang kreatif aja ngembangin fotonya hehehe.. semangat yaaaa :D

      Delete
  5. mantap kak penjelasannya apalagi ngangkat AsusPro, jadi mikir lagi nih, mau nyicil MacBook atau AsusPro.

    BTW, aku udah lama bgt gak nge-blog padahal doyan jalan, karena ngebaca blog kak Luna yang ini jadi kepingin nulis lagi, nulis ala Biska yang pake bahasa casual. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cicilan yak emak-emak hehehehehe.. Ayo nulis dong.. Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  6. Wuah kudu banget nih belajar me-monitize blog dengan tulisan yang kece dan apik serta konten yang original. Thanks for sharing Luna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakaaakk.. Ayo berbagi dong kamu kan udah mastaaaa didunia per-socmed-an :D

      Delete
  7. Sharing yang menarik mbak, mengawinkan dgn ilmu baru di dunia digital yg sekarang dilakoni ternyata bs menghasilkan banyak ilmu juga buat pembaca ya :) TFS ya mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba, jadi lebih terbuka banget pengetahuanku dan mau nyoba ngembangin blog sendiri :D

      Delete
  8. tips nya oke banget kak luna :)
    oke pelan - pelang sambil belajar ah mudah2an bisa jadi blogger kece, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kamu udah jadi blogger keceeee...

      Delete
  9. Kak lunaa bermanfaat banget ini. Cool banget!! Tapi buat ngejalaninnya itu susah banget:((((

    Semoga yah taun ini ngeblognya lbh baik lagi. Aaamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget deh Iffa, aku pun malas kalo bukan karena kerjaan tapi kadang malah miris blog sendiri ga kepegang :(

      Delete
  10. Waah jadi semangat rutin ngebloggg.. lunaaa ajarin pahami google analytics dong.. bingungg :(
    eh asus hapenya aja keren apalagi laptopnya dah.. kebayang ngetik pake asus jadi nambah bergairah nulis keknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kita belum ketemuan ngobrol-ngobrol ya.. semoga kesampean asap..

      Delete
  11. Bermanfaat banget tipsnya. Belum kesampean deh bikin kalender blog, krn takut gak konsisten. Pdhl disitu ya tantangannya😂 makasih remindernya mba lunaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin kalender supaya ngeblognya teratur, tapi emang susah banget sih buat mulainya :p

      Delete
  12. Iya ni sebagai bloher musti punya gadget dengan teknologi terkinj,mupeng sama asus^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan mba.. gadget terkini itu perlu banget :)

      Delete
  13. jadi tau, harus punya tujuan yg jelas ya setiap mau ngeblog, cuma kadang malas lebih kuat daripada niat. Harus tetap semangat berarti yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya ngeblognya terarah dan yang paling penting berguna buat yang baca heehhee.. Semangat !

      Delete

Shout your comment here and thanks for dropping by :)