Infeksi Saluran Kemih

28 comments


Di suatu sore yang indah, saya tiba-tiba anyang-anyangan. Tau kan ya perasaan mau pipis yang sering banget kerasa walopun udah pipis. Waktu itu usia kandungan saya baru 7 minggu, persis setelah saya flek. Semakin malam, pipis itu jadi nggak bisa berhenti setiap satu jam sekali. Tidur malam saya sempat bangun sebanyak 4 kali.

Saya pikir itu normal, karena katanya ketika kandungannya sudah menekan saluran kemih, perasaan ingin pipis semakin sering. Tapi kandungan saya kan masih kecil, kok bisa-bisanya udah menekan. 

Besok paginya, jadi semakin sering pipis. Siang hari semakin parah, malah saya bisa ke toilet tiap 15 menit sekali. Anehnya, setiap saya pipis itu sakit banget, malah saya seperti mengejan karena sakit sekali. Setelah pipis yang semakin sering itu, saya nggak sengaja melihat darah keluar berbarengan dengan air seni. Penasaran dong ya, saya browsing sana sini cari info. Info yang saya baca mirip dengan penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Lalu, saya whatsapp dokter Bhim dan menjelaskan detil tentang perasaan yang nggak bisa ditahan ini. Cieeeeeee.. uhuy..

Dokter langsung menyuruh saya cek laboratorium, periksa urine lengkap. Tanpa berlama-lama, saya lalu cek lab. Malam itu juga hasilnya keluar. Saya langsung foto hasil lab untuk dikirim ke dokter Bhim. Dokter lagi nggak bisa ditemui dan lagi ijin nggak masuk di RSPI, karena ada tindakan lain.

So, atas instruksinya saya kirim hasil lab. Tanpa basa basi, dokter Bhim kemudian meresepkan saya Monuril 3g, diminum sekali saja. 

Penjelasannya, saya diindikasikan terkena Infeksi. Leukosit saya tinggi dan memang ada darah di urine saya. Saya cukup minum Monuril sekali saja. Bentuknya bubuk seperti Oralit lalu dicampur dengan air putih setengah gelas. Obat ini aman untuk ibu hamil.

Fyi, Monuril ini susah nyarinya. Saya baru nemu di apotik Kimia Farma, apotik ketiga yang saya kunjungi. Saya pikir itu obat murah karena cuma beli satu sachet, tapi ternyataaaaaaaaaa ... satu sachet harganya sekitar 180 ribu. 

Mau teriak rasanya ke petugas apotik yang ngelayanin. 
APAAAAA??? SEGINI DOANG 180 RIBU ???


Ya mau gimana lagi.. disyukuri aja.. demi kesembuhan

Malamnya saya minum itu Monuril. Emang deh harga nggak pernah bohong. Kalau barang bagus pasti dijual mahal. Sejak saya minum sekitar jam 11 malam, sampai pagi harinya saya nggak pipis lagi. Keren banget obatnyaaaaaa.

Besok paginya seperti biasa bangun pagi, saya pipis. Darahnya udah nggak ada dan sakitnya hilang gitu aja. Normal kaya biasa lagi. Alhamdulillah yaaaa :)

Seminggu kemudian saya balik ke dokter Bhim karena memang harus cek baby cek. Kata dokter, penyakit itu memang tidak mengganggu janin. Dia hanya mengganggu ibunya. Iya bangeeeettttt.. 
Karena saya sudah sembuh, saya hanya perlu banyak minum dan jangan menahan pipis. Karena katanya, penyebabnya karena bakteri, bisa juga karena menahan pipis terlalu lama. Kalau sudah berhenti sakitnya seperti saya, perlu di observasi lagi. Takutnya kambuh atau mungkin memang perlu penanganan khusus. Ditakutkan pula ada batu di ginjal atau ginjalnya bermasalah. Jadi, mungkin setelah bayinya lahir, dirujuk untuk periksa lebih mendalam ke dokter spesialisnya.

Begitulah.

Oiya ciri-ciri lain sebelum saya infeksi adalah sering sakit dibagian belakang pinggang. Sakit pinggang karena pegal-pegal atau hamil beda rasanya. Sakit infeksi ini seperti menusuk di tengah pinggang. Itu saya rasakan lima hari sebelum anyang-anyangan. Lalu timbul anyang-anyangan, kemudian barulah ada darah yang keluar berbarengan dengan air seni. Darahnya tidak kental, tapi cair sama persis seperti cairan air seni. 

Semoga bermanfaat yaaaa :)

Cheers,
L

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

28 komentar

  1. Haii mba.. Thanks sharingnya.. Kebetulan case kita sama bgt mba.. Dan dr kita pun sama.. Gimana kabarnya mba skrg? Kemarin kehamilan lancar dan sehat kan yaa meskipun ada isk? Aku baru hamil anak ke 2, uda jalan 9 weeks, dan hasil lab keluar persis spt mba.. Kalau g keberatan.. Boleh share pengalaman kehamilannya ya mba..

    BalasHapus
  2. Wajar mba mahal karena itu produk nya dari eropa

    BalasHapus
  3. Aku juga mengalami hal yg sama kyk mbak..
    2 minggu sebelum aku k dokter kandungan aku udah mulai anyeng anyengan (bahasa dokternya mah ISK) tapi aku k bidan krn aku fikir hanya anyeng anyengan aja d kasih antibiotik dr bidan juga beres...beres sih 4 hari nyeri ketika buang air kecilnya sudah hilang..tiba tiba 2 minggu kemudian terasa sakit lagi..bahkan sama seperti mbak..buang air kecil d sertai darah...shock dong..ku fikir ada apa..aku kb suntik 3 bulan otomatis ga haid..lah ini kok bisa keluar darah..aku fikir apa aku keguguran..tapi kan aku kb...atau jahitan caesarku ada masalah..aku panik lgs k dr Sp.OG..sama kyk mbak..ISK...d kasih lah obat ini..aku juga kaget cuma d resepin 1 sachet aja...pas d lihat harganya 230rb ciiinnnn...HARGA GAK BISA BOHONG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Harganya memang mahal sekali, tapi menurut saya manjur.

      Hapus
    2. Gmna kak apakah monutil benar2 bisa senyuman isi saya dah 3 bulan tersiksa karna isk nyeri kronis pada perut bawah atas kemaluan

      Hapus
  4. Saya juga Mb hamil 7bulan kenaISK juga
    udah kedokter dikash obaat monuril Dan obat antibiotic, tp tetep pipis nya sering, apa krn Bayinya dah gede Jd ketekan saluran kemihny ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mbak. Kalau banyak pipis kemungkinan sudah tertekan bayi kantung kemihnya sedangkan infeksi, ada rasa sakit saat pipis. Semoga membantu ya..

      Hapus
  5. Makasih mba sharingnya aq jd tenang soalnya aq sekrang lg ngalamain hal yg serupa tp aq lum hamil sih masih program...sakit pinggangku dah cukup lama kayak d tusuk2 dan hari ini aq baru d kasih obat monurill moga aq sembuh kyk mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mbak. Semoga cepet sembuh ya mbak :)

      Hapus
    2. Halo mba. Saya juga mngalami hal yg sama sudah 3 bln anyangan dan blum smbuh . Mba bagaimna keadaanya skrang apa sudah sembuh. Sharing dong mba

      Hapus
    3. Sama kak saya dah 3 bulan anyang2 an di ush ktnya cystitis nyeri perut bawah sangat tersiksa baru mau coba monutil apakah benar bisa sembuhkan

      Hapus
  6. Hi mbak.. aku jg ngalamin hal yg sama, tapi aku blm hamil.. cuma pada saat pipis sakit banget n berbarengan sama darah.. panik kemudian ke dokter urologi dan dilakukan uretroskopi.. trnyata air di kandung kemih uda keruh bngt.. setelah tindakan dr dokter.. aku dikasih monuril 3g juga.. aku kira 1 dus isinya banyak trnyata cuma 1 n harga mahall ya 🙈 smoga aku bisa sembuh kaya mbak ya.

    BalasHapus
  7. Mba... Jadi monuril aman ya untuk bumil? Sy hamil 35-36weeks hasil lab leukosit 1+ diresepin dokter kandungan monuril 3g, diresepin bidan di puskesmas amoxicillin untuk 3 hari. Jadi bingung mau minum yg mana huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mom. Waktu saya ISK hanya diresepi Monuril dan itu aman untuk ibu hamil.
      obat lainnya saya tidak tahu ya..

      Hapus
  8. Hai mba sekarang ku lagi ngalamin hal yg sama. Dan sudah hampir 2minggu ini kehamilan ku jg udh 21weeks. Sebelumnya dksh antibiotik biasa dan preve uricrane tp gak mempan. Baru ajah berobat lg dan test urine nih dksh resep tp belum ku beli. Harganya memang sgtu dan dosisnya 3g yaa mba?? Harganya memang waw bgt yaah. Berharap bisanlancar pipisnya krna aku sering pipis tp yg keluar sedikit" dan itu gak nyaman bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak, emang mahal banget tp langsung hilang kok mbak. Harga nggak mengkhianati hasil hehe. Semoga cepet sembuh ya..

      Hapus
    2. Mba saya udah sebulan pipis ga tuntas dan lagi berobat juga , kmren dikasih resep monuril udah di konsumsi 2 hari tapi ppis belum tuntas jga

      Hapus
    3. Aku sudah minum monuril dresepin dokter dan skrg usia kndungan 8weeks sdh 5hari masih sering anyang2 perut bawah sm kencing ga tuntas ko ga cocok ya d aku 🥹

      Hapus
  9. Hai mbak. Saya juga diresepkan monuril krn ISK hamil 11 weeks. Ya ampun menyiksa sekali nyerinya :'(

    Btw, mbak diresepkan berapa hari minumnya? Dokter saya ga bilang untuk brp hari krn saya konsul via WA berdasarkan hasil tes urin lengkap.

    BalasHapus
  10. Apakah minum monuril bisa di.siang hari dokter,mhon penjelasannya.thanks

    BalasHapus
  11. Sama.. Saya juga hasil lab positif isk.. Tiap pipis panas dan diujung pipis selalu bergidik kayak merinding gt..pasti sllu bgtu.. Dikasih dokter monuril harga 245 ribu dilarutin ke air.. Hari brikutnyaa gak ada bergidik lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih mba udh 5 hari stlah minum

      Hapus
  12. Klo utk ibu menyusui gmn...bisa gam ya

    BalasHapus
  13. Hi mba saya kan kena isk oarah bgt dr sblm hamil sudahnisk dari jaman gadis skrng hamil anak.kedua oarah bgt mba 1bulan sampe 3x kambuh saya minum monuril alhamdulillah ga sakit lg cuma untuk antibiotiknya lanjutin jangan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gejalanya gmna kak apakah nyri atas kemaluan juga

      Hapus

Shout your comment here and thanks for dropping by :)