Mengatasi Ruam Popok / Diaper Rash

6 comments
Sudah disinggung di postingan sebelumnya kalau Baby L sempat kena ruam popok atau disebut juga Diapers Rash. Waktu itu masih baru lahir banget, sekitar usia 3 minggu. Ada merah-merah di pantat kanan dan kiri Baby L. Bentuknya memanjang, dekat anus, dan kalau disentuh kulitnya tebal.

Saya yakin sekali itu ruam karena sebelumnya sempat diceritakan oleh adik ipar saya ciri-ciri ruam seperti apa. Sedikit panik tapi saya santai ajalah, toh ini cuma ruam bisa dihilangkan. 

Untungnya saya sudah beli krim ruam popok, walaupun waktu itu asal beli aja yang penting punya dulu, tapi nyatanya sekarang sungguh berguna. 

Baby L pakai Zwitsal Baby Cream with Zinc. Kenapa pakai Zwitsal ? Ya itu tadi karena asal beli aja. Waktu itu beli sekalian sama alat mandi, jadi disamain aja semua merknya.

Alhamdulillah Baby L cucok pakai itu. Setelah 2 hari, ruamnya hilang begitu saja. Kulitnya kembali lembut tanpa bekas. Sekarang PR-nya ya tinggal dijaga aja kebersihan diapersnya.

Gimana cara menghilangkan ruam / diaper rash ?
1. Ganti dispo / popok / clodi sesering dan sebisa mungkin. Jangan tunggu sampai penuh apalagi lebih dari enam jam. Untuk dispo biasanya saya mengganti setelah 4 jam, maksimal 6 jam.
2. Bilas pantat dengan kapas yang dibasahi air ke seluruh daerah yang terkena pipis bayi. Jangan menggunakan tissue basah kalau tidak sedang berpergian atau kepepet.
3. Setelah dibersihkan dengan kapas basah, keringkan pantat dan sekitar kelamin bayi dengan kapas kering / tissue kering sampai benar-benar kering. Gunanya agar tidak lembab.
4. Biarkan beberapa menit bayi tanpa dispo dulu, agar kulit bisa bernafas. Baru dipakaikan dispo lagi.
5. Oleskan krim ruam ditempat ruam dan sekitarnya, baru lah gunakan kembali dispo baru.


Apabila kebersihan tetap dijaga, ruam akan hilang dalam jangka waktu 2-3 hari berikutnya. Tapi, jika semakin meluas dan parah, sebaiknya stop penggunaan dispo, pakai popok atau clodi beberapa saat sampai sembuh, atau ganti merk dispo. Mungkin kulit bayi tidak cocok dengan dispo yang buibu pakaikan. Kalau semakin meluas sebaiknya bawa ke dokter kulit.

Oiya ada tambahan, saat terkena ruam bak mandi Baby L dicampur dengan cairan Detol. Sabun mandi pun pakai sabun Detol. Gunanya sih agar kumannya hilang.

Sekian tambahan ilmunya buat buibu semua, semoga berguna :)



Cheers, 
L





Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

6 komentar

  1. baby aku juga kena ruam, panik banget, makasih infonya ya bun, aku cobain deh, semoga cocok juga buat baby aku

    BalasHapus
  2. Hampir mau sebulan baby ku kena ruam . Hampir sembuh tar kembali merah lagi . Gmn ya caranya . Obat jg udah . Makasih

    BalasHapus
  3. Ruam popok tentu bisa dicegah dengan perawatan yang tepat. Selain menjaga kebersihan dan menggunakan produk perawatan yang aman dan salah satu krim atau obat yang cocok untuk mengatasi ruam popok pada bayi adalah Zwitsal Extra Baby Cream. Krim tersebut akan membuat kulit bayi tetap lembut.

    BalasHapus
  4. Sabun detol aman buat bayi bun ? Ini uda mau sebulan ruam popoknya masih ada , udah agak mending sih dari seblmnya cuma gtu tiap telat ganti dispo pasti merah merah lagi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mom, mungkin baby-nya yang kurang cocok dengan dispo yg mommy beli. Coba ganti merk yang lebih premium dan tetap jaga kelembabannya. Ganti tiap 2 jam sekali dan olesin cream diapers itu juga. Setiap ganti dispo juga harus selalu dibersihkan bagian vitalnya mam.. Semoga cepat sembuh ya..

      Hapus

Shout your comment here and thanks for dropping by :)