Review Instant Courier dan Go Shopping dari Go Jek

No Comments
Hai ..
Akhirnya saya nyoba pakai Go Jek juga. Sebenernya sih bukan Go Jek, tapi Go Shopping dan Instant Courier. Kalau kalian pernah order aplikasi Go Jek, pasti sering lihat di menu pilihan order Ojek, Kurir, Shopping atau Food. Nah, kali ini saya mau share pengalaman pakai Go Shopping dan Instant Courier.

1. Instant Courier
Sebelum Go Jek setenar ini, saya sebelumnya tahu dan pernah menggunakan jasa Go Jek untuk mengantar barang. Sekitar tahun 2011, teman saya memberitahu saya kalau butuh kurir kirim paket mengantar kontrak kerjasama, pakai Go Jek aja karena dia sering pakai itu. Waktu itu kurir kantor saya masih sedikit dan load pengiriman banyak, jadi saya sering nggak kebagian. Biayanya kalau nggak salah masih 30ribuan satu kali antar, dengan sistem order lewat telpon lalu kurir yang dipesan ambil dokumen dulu ke kantor saya, setelah itu mereka mengantar ke tempat tujuan.

Setelah kurir kantor mencukupi, kami sedikit demi sedikit tidak menggunakan Go Jek lagi. Ternyata setelah empat tahun berlalu, Go Jek menjadi perbincangan dimana-mana karena semakin berkembang pesat melalui jasa kurir dengan segala kebutuhan.

Bulan lalu, saya dimintai tolong mertua saya untuk pesan Go Jek karena waktu itu mau kirim makanan ke adiknya. Setelah saya download lalu keluar pilihan menu ; instant courier, ojek, transport, Go-Food dan shopping.

Untuk mengantar barang, pilihannya instant courier.




Setelah pilih menu kurir, muncul isian data pengiriman kemana seperti pada tampilan gambar dibawah ini. (Fyi: Tampilan menu atau isian form akan menyesuaikan jenis hp masing-masing)




Setelah mengisi alamat kirim dan alamat kita, selanjutnya aplikasi akan mengirim sinyal ke tukang ojek sekitar kita. Kalau sudah dapat, dilayar akan muncul data diri si tukang ojek yang akan mengantar dan estimasi biaya. Karena waktu itu saya pesan saat masa promo 10ribu kemana saja jadi bayarnya hanya 10ribu (maksimal antar 25km, lebih dari itu tidak bisa order). Pilihannya bisa pakai cash atau credit. Sistem pembayaran credit Go Jek akan saya bahas diakhir tulisan ini.

Untuk pemesanan pertama saya ini terbilang sulit, entah karena apa, karena saya harus beberapa kali order baru dapat kurirnya. Itupun setelah 10-15 menit saya coba berulang kali.

Abang Ojek yang datang berpakaian lengkap selayaknya abang Go Jek, pakai helm dan jaket Go Jek. Dia sudah tahu saya akan mengirim barang apa karena sudah tertulis diaplikasi. Setelah bayar ditempat, si abang langsung bawa barang tersebut ke tempat tujuan.

Nah, selama dia mengantar, kita bisa pantau melalui map aplikasi yang sedang kita order. Selama kurir belum sampai, aplikasi tersebut terus berjalan. Nanti sesampainya dia ditempat tujuan dan sudah bertemu dengan orang yang kita maksud, si abang ojek akan menghentikan aplikasi dan kita akan mendapatkan report bahwa barang kita sudah sampai dan diterima oleh siapa (tertulis dalam aplikasi).

Kekurangannya ya itu lama banget dapet tukang ojeknya, entah karena daerah saya di Depok atau bukan. Kedua, karena mungkin rumah saya dalam komplek, abang ojeknya agak sulit menemukan rumah saya. Selama kita pantau terus dan kasih patokan-patokan dengan benar, sebenarnya abangnya pun bisa cepat sampai. Tapi kadang kan kemampuan orang beda-beda, balik ke abangnya juga sih inisiatif nanya apa nggak ke orang sekitar. Karena orderan kedua saya, abangnya cepat sampai rumah dibanding yang pertama.

2. Go Shopping
Pilihan diawal menu adalah shopping. Seperti biasa, isi form kurang lebih sama seperti diatas. Beli barangnya dimana, apa nama tempatnya dan alamat detilnya, rincian belanjaan, perkiraan total belanjaan dan dikirim kemana (alamat lengkap kita beserta patokan-patokan).



Nah, biar kita juga nggak membingungkan abangnya, sebaiknya kalian pastikan dulu barang yang akan dibeli tersedia (in stock) supaya abang Go Jek-nya nggak capek-capek kesitu ternyata habis, atau kalian suruh pindah tempat belanja.

Waktu itu saya minta dibelikan obat di apotek Kimia Farma. Jadi sebelum saya order Go Jek, saya pastikan dulu kalau obat yang saya beli ada di apotek. Saya inisiatif dong ya, coba googling nomor telepon tempat belanja yang saya tuju. Kalau memang bukan supermarket atau minimarket, sebaiknya kita harus pastikan barang yang akan kita beli itu tersedia. Setelah barangnya dipastikan ada, lalu saya order lewat aplikasi dan isi form dengan detil. Kalau beli barang bentuk cairan, ya harus ditulis yang ukuran berapa kalau bisa. Kalau beli barangnya lebih dari satu, ditulis perpoin. Ini memudahkan abangnya untuk belanja.

Contoh :
1. Aqua 1 liter 3 buah
2. Roti tawar gandum merk Sari Roti 1 buah (kalau tidak ada roti tawar biasa aja)

Dirinci begitu lah kira-kira, kalau bisa ada pilihan lain jika barang yang akan kita beli belum ketahuan ada atau nggak.

Kalau kamu mengalami hal ini --- "saya nggak tahu ukuran atau berat barangnya gimana, saya cuma tahu ukuran kecil atau besarnya aja".

Aduh shaaaayyyyy .. Googling dong .. masa nggak ngerti cara googling -.-"

Kalau nggak bisa juga, ya jelasin ke abangnya ciri-ciri itu barang gimana. Jangan sampai abangnya salah trus diomelin.

Setelah nulis rincian, ada estimasi cost, disitu kita tulis perkiraan total belanjaan kita. Kalau nggak tahu detilnya, tulis aja kurang lebih berapa, mendekati angka belanjaan kamu. Tahap selanjutnya sama seperti order lainnya, setelah mengisi data lengkap, aplikasi akan mencari tukang ojek yang available.

Oiya, nanti abangnya akan pakai uang dia dulu buat belanja (biasanya abang Go Jek dibekali cash khusus dari perusahaan untuk menu ini). Setelah sampai ke rumah kalian, kalian harus bayar total belanjaan ditambah biaya antar sebesar 10ribu (kalau masih promo). Karena biaya belanja dan biaya antar adalah dua hal yang berbeda loh ya.

Kekurangannya sih nggak ada, alhamdulillah waktu saya nyuruh beli obat. Abangnya bener kok, mungkin karena sebelumnya saya sudah telpon ke apotek untuk sediain obat itu, trus saya juga kasih tau nanti ada abang Go Jek yang ambil. Jadi, kedua pihak sudah tahu, belanjanya pun jadi mudah.

Kalau kelebihan, seperti yang sudah kita ketahui bersama, kelebihan Go Jek adalah memudahkan kita buat ngapain aja, termasuk nganter barang dan belanja, hehehehe. So far, saya sangat terbantu sekali dengan Go Jek ini, apalagi saya buibu punya bayi. Kalau nggak ada orang di rumah dan mau beli ini itu dan nggak ada yang bisa dimintai tolong, Go Jek lah penyelamatku.

Thank you, Go Jek :)

3. Go Jek Credit
Seperti saya tulis diatas, saya mau bahas sedikit aja sih, kalau perbedaan Go Jek dan Grab Bike adalah ada pembayaran lewat credit Go Jek.

Credit ini bisa kita dapat free saat order pertama kalinya dengan cara menuliskan kode orang lain di aplikasi kita. Nanti orang yang kita mintain kodenya akan bertambah saldonya, trus kita juga dapat saldo 50.000 loh. Kalau harga Go Jek sekali perjalanan 10ribu, artinya saldo kita bisa dipakai 5x.

Kalau mau nambah, kalian bisa top up lewat transfer minimal 100.000 ke akun BCA milik Go Jek. Setelah transfer kamu harus konfirmasi dengan mengisi Top Up Form di menu Setting, setelah itu saldo akan terisi secara otomatis apabila sudah divalidasi oleh tim Go Jek.

Cara mengecek saldo, kita tinggal pilih menu My Wallet di aplikasi. Nanti keluar saldo yang tersisa dan kode yang bisa kita sebar ke orang lain. Gunanya, apalabila orang lain menuliskan kode kita saat pertama kali order Go Jek, saldo kita akan bertambah 50.000 dan orang yang nulis kode kita pun dapat free dengan nominal yang sama.

Kalau mau nambah saldo lebih banyak, silahkan share kode kamu ya. Ada menu share yang bisa kamu klik, nanti akan keluar pilihan share kemana atau kamu bisa copy tulisan yang tertera untuk di-share ke orang-orang.

Isinya seperti ini :

I'm spreading the GO-JEK love. Download the GO-JEK app at "http://go-jek.com/app" and input this referral code "542828083" to get Rp 50,000 free credit to your first booking. #gojekgotmehere

Nah silahkan bagi yang mau tulis kode saya saat order pertama kalinya. Inget ya, untuk order pertama kalian setelah kalian download akan dapat free 50.000 credit. Kalau sudah pernah order, kode tersebut tidak berfungsi. Kamu hanya bisa menyebar, dan mendapatkan saldo free dari orang yang menulis kode kamu.

Sekian info dari saya. Semoga berguna buat kalian buibu,
dan semoga Go Jek juga semakin mudah buat diorder yaaa hihihiw


Cheers,
L





Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment

Shout your comment here and thanks for dropping by :)