Cara Mengembalikan File / Folder yang Terhapus Permanen

3 comments


Hai hai !

Baru saja beberapa jam lalu saya melakukan kebodohan. Saya lagi buka-buka laptop lama saya yang sekarang dipakai adik saya, ceritanya mau lihat-lihat file atau apapun lah dari masa lampau saya yang memang belum dihapus. Didalam folder saya itu ternyata ada folder adik saya, saya bingung dong kok ada folder dia mungkin double copy. Setelah saya cek di Data D pun ada folder yang sama. Saya kira itu shortcut atau kesalin double, akhirnya saya klik kanan lalu delete. Setelah itu, saya buka Data D lagi, saya pikir, folder yang satu lagi aman tapi ternyata ikut ke-delete. JEGEEERRR !!!

Astagfirullah !

Jantung mau copot bray !
Karena saya tahu, adik saya sedang ada project-project penting yang disimpan di laptop itu dan besar folder yang saya delete itu sekitar 23 GB. Mau nangis rasanya karena merasa bersalah. Lalu, karena perasaan bersalah yang teramat sangat inilah kemudian saya googling.

Masih gemeteran. Fokus luna, fokus !


Baca sana sini, lalu ketemulah satu blog yang membahas masalah ini, alamat webnya di www,klikedukasi.com. Thanks God ! Thank you for whom it may concern, wahai si pemilik blog. Padahal itu postingan tahun 2011 tapi alhamdulillah masih menolong.

Cara mengembalikan file / folder yang hilang menurut versi web Klik Edukasi ini adalah dengan mendownload tools bernama WinUtilities Undelete, bisa didownload disini. Lalu ikuti instruksi dibawah ini :

1. Buka Aplikasi
2. Klik drive dimana kita akan cari file / folder yang hilang di bar sebelah kiri
3. Setelah tool tersebut selesai scanning, akan muncul semua file beserta file / folder yang sudah kita hapus secara permanen
4. Cari folder berlabel 'All Deleted Files' lalu klik kemudian muncul file yang ter-delete disebelah kanan
4. Pilih file / folder mana yang mau dikembalikan dengan cara klik kanan lalu pilih undelete

Nah, waktu saya melakukan hal diatas, saya tidak bisa klik undelete sesuai instruksi (mungkin karena saya panik). Pilihan undelete seperti tidak bisa diklik. Kemudian saya gemeteran lagi. Mulai fokus dikit-dikit sambil cari celah, masa sih ginian aja nggak bisa, sambil ngoceh-ngoceh dalam hati. Kemudian saya klik kanan lagi di folder yang terhapus lalu saya melihat 'Copy to'. Saya coba klik lalu keluarlah perintah mau copy dimana. Setelah pilih, lanjut 'ok' kemudian perintah copy pun berjalan. Kurang lebih dua jam kemudian, akhirnya seluruh file dalam folder yang saya hapus pun kembali.

YEAAAYYYYY !!!
Langsung nangis bahagia, akhirnya satu folder itu balik.
Tapiiii ..
Ada tapinya nih, file yang rusak atau dalam kondisi tidak baik tidak bisa dibuka lagi walaupun file itu bisa dikembalikan. Karena ada beberapa foto didalam folder itu yang tidak bisa dibuka. Selidik punya selidik, ternyata memang akan ada beberapa file rusak yang setelah dikembalikan ke tempat asalnya tidak berfungsi lagi atau tidak bisa dibuka.

Huft !
Ya sudah lah ya, disyukurin aja.
Alhamdulillah 100 % file kembali dan mungkin hanya 90% file yang rusak dan tidak bisa dibuka.

NAH !

Buat kamu semua yang lagi panik karena file / folder terhapus permanen, jangan sedih karena semuanya akan kembali pada tempatnya lagi. Hahaha. Coba dari dulu saya tahu ada tools ini ya, pasti berguna banget deh!

Semoga bermanfaat :)




Cheers.
L

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments

  1. makasih kak luna tipsnya. beberapa kali sering begini ga sengaja

    ReplyDelete
  2. Lunaaa.. tips dan info nya helpful banget. Thanks! :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Shout your comment here and thanks for dropping by :)