Sensory Play : Slippery Cornstrach

No Comments

Hai hai !!!
Siang ini saya membuat mainan ala ala sensory play. Niat awalnya bikin Slime, tapi pada kenyataannya gagal, akhirnya bikin apa aja lah yang bisa dimainin.

Bahan dasarnya hanya tepung maizena dicampur air dan pewarna, hasil akhirnya akan seperti bubur tapi ada beberapa bulir-bulir kenyal yang lembut saat dipegang.

Bahan - bahan :
1. Tepung maizena 1/2 gelas belimbing
2. Air 5 gelas belimbing atau lebih (jika ingin lebih banyak)
3. Pewarna makanan

Cara membuat :
1. Campur tepung maizena dengan air
2. Aduk diatas api hingga cairan berubah menjadi kenyal
3. Tunggu sekitar 15 menit agar panasnya hilang 
4. Bagi menjadi 2 bagian atau sesuai pewarna yang dimiliki
5. Beri pewarna dimasing-masing wadah yang telah dipisah lalu aduk

Cara main :
Sediakan banyak wadah, saya pakai cetakan kue talam karena kecil dan banyak, bisa juga dengan gelas atau mangkok, lalu beri sendok. Alat main lainnya bisa ditambah corong jika wadah yang dipakai adalah botol. Kemudian ajari anak memindahkan dengan sendok ke dalam wadah yang sudah disediakan. Pergunakan corong jika wadah berupa botol. Tentukan seberapa banyak anak harus isi wadah tersebut. 

Cara main lainnya adalah langsung dengan tangan, pindahkan cairan tersebut ke dalam wadah. Pilih wadah seperti mangkok agar lebih mudah dibanding botol.



Maliq bertahan setengah jam main tepung jagung ini dan beralih main air diisi ke wadah-wadah kosong yang ada karena saya main dekat keran air, jadi mungkin dia ke distract beralih main keran. Awalnya saya ajari memindahkan cairan dari wadah besar ke wadah lain yang lebih kecil tapi setelah itu wadah yang berisi cairannya ditumpahin jadilah main bebas, walaupun pada akhirnya wadah kecilnya tetap Maliq isi dengan cairan yang tumpah ke lantai.

Enaknya sih biarkan anak dibebaskan mau diapain aja cairannya, asal sediakan wadah-wadah lain agar bisa dieksplore entah sendok, botol, mangkok atau corong.

Sekian mainan sensory play ala Maliq. Semoga bisa dicoba :)


Cheers,
L
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment

Shout your comment here and thanks for dropping by :)