Short Weekend Getaway : Mengunjungi Istana Kepresidenan di Bogor

9 comments
Hai hai !

Weekend kali ini saya mau cerita soal destinasi keluarga yang menarik dan terjangkau. Pernah nggak buibu sesekali kepikiran mengajak anak-anak ke Istana Bogor ? Apalagi sejak booming kartun Sofia the First, pasti hampir setiap anak-anak perempuan suka banget yang namanya karakter Sofia ini lengkap dengan kehidupan-kehidupan ala kerajaannya. Maka ada baiknya supaya weekend nggak bosan ke mall, ajaklah short gateway ke Bogor mengunjungi istana dalam bentuk nyata yaitu Istana Bogor dan menginap satu malam di kota hujan itu.


Source : kebudayaan.kemdigbud.go.id

Istana Bogor ini memang tidak dibuka secara umum setiap harinya. Ada program rutin kunjungan istana yang disebut Istana Open terutama saat menyambut hari jadi Kota Bogor tanggal 24 - 26 Mei dan 30 - 31 Mei.

Istilah lain dari Istana Open ini namanya Istura, artinya Istana untuk rakyat. Ada beberapa syarat yang harus diikuti untuk bisa berkunjung ke Istana Bogor ini yaitu dilarang membawa ponsel, berpakaian formal lengkap dengan celana bahan dan berpenampilan rapih lengkap dengan sepatu.


Sekilas mengenai sejarah Istana Bogor, Istana ini dibangun tahun 1745 oleh seorang Gubernur Jendral Hindia Belanda bernama Gustav Wilem van Imhoff untuk tempat persinggahan para tamu dan pejabat kolonial Belanda. Bahkan, pada awal pembangunannya, dibuat sedemikian megah menyerupai hotel bertingkat.

Pada tahun 1834, Istana Bogor terkena bencana gempa yang cukup dahsyat kemudian dibangun kembali tanpa tingkat seperti sekarang ini. Renovasi tersebut dilakukan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Albertus Jacob Duijmayer van Twist.

Hingga saat ini, Istana Bogor masih berdiri dan berfungsi sebagai Istana kepresidenan yang memiliki pemandangan indah dan udara sejuk yang dikelilingi oleh pepohonan rindang dan besar yang telah berusia puluhan tahun. Viewnya pun menarik, kita bisa melihat sekumpulan rusa yang bebas bergerak di halaman istana. Kalian bisa temukan view ini didekat gerbang menuju istana yang jaraknya kurang lebih 200 m.

Selama mengikuti Istana Open ini, kamu akan dipandu oleh pemandu wisata dari pihak istana. Mereka akan menjelaskan mengenai sejarah perjalanan pembangunan Istana Bogor ini. Bagi yang belum tahu, Istana Bogor terbagi menjadi empat ruangan yang bisa kamu kunjungi. Bangunan inti, terdiri dari dua ruangan yaitu ruang Teratai untuk menyambut tamu kenegaraan, dan ruang Garuda untuk konferensi kenegaraan.

Diantara ruang teratai dan garuda ini ada lorong pemisah yang diberi dua buah cermin berukuran besar yang saling berhadapan sehingga membentuk kemiringan tertentu. Diletakkan persis dibawah kubah Istana. Lorong ini disebut sebagai titik Nol Kota Bogor. Waw!

Selain ruang utama, ada juga ruang tambahan berupa sayap Istana sebelah kanan yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan para pemimpin negara asing setingkat Presiden seperti Perdana Menteri, Raja dan Putra Mahkota.

Sedangkan sayap istana sebelah kiri ditujukan untuk pejabat negara seperti Wakil Presiden, jajaran Menteri dan lainnya.

Bagian belakang istana terdapat Museum Kepresidenan RI bernama Balai Kirti. Isinya mengenai para Presiden RI dari masa Ir. Soekarno hingga kepemimpinan sekarang.Selain itu, ada patung seluruh presiden yang pernah memerintah yang berukuran sekitar 4 meter.

Balai Kirti dibangun pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hampir semua bangunan museum dilapisi kaca modern dan dilengkapi eskalator. Lantai pertama ada galeri kebangsaan berisi studio audiovisual, naskah-naskah penting kenegaraan dan patung-patung presiden. Sedangkan lantai kedua, dijadikan galeri kepresidenan.

Selain museum kepresidenan ini, ada museum lain di sekitar Istana yang bisa dikunjungi bebas kapan saja. Cukup menarik ya short getaway mengenal sejarah disekitar Istana ini.

Setelah seharian mengunjungi Istana, kamu bisa menikmati malam di Kota Bogor ini dengan menginap di salah satu hotel nyaman disana. Lalu adakah rekomendasi tempat menginap yang dekat dengan Istana Bogor dengan harga terjangkau ?

Ada.
Ada banget!

Salah satu hotel yang menjawab kebutuhan kamu ini adalah Zest Hotel Bogor. Hotel ini merupakan hotel budget yang terletak di jantung kota Bogor. Beralamat di Jl Padjajaran No 27 membuat lokasi hotel ini sangat strategis untuk wisatawan. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja untuk sampai ke Istana Bogor, Kebun Raya Bogor dan Botani Square Mall. Asyik banget kan!


Source : Traveloka

Fasilitas hotel bintang dua ini cukup lengkap dan memiliki sarana penunjang untuk penyandang cacat. Selain itu, hotel ini memiliki restoran dengan menu barat dan nusantara yang lezat dan menarik loh ! Namanya Citrus Cafe. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot pergi jauh mencari restoran ke tempat lain.


Warna warna cerah di Zest Hotel Bogor (Source: Traveloka)

Desain hotel ini bergaya modern dan casual. Kamu bisa lihat dari gaya penataan kamar, lobi dan restorannya. Warna warni pada dindingnya membuat mata kita segar sekali, cocok dengan suasana kota Bogor yang rindang dengan pepohonan. Short weekend gateaway dengan menginap di Zest Hotel Bogor dapat membuat kamu bisa menikmati kenyamanan hotel dengan harga yang ramah di kantong.

Sekian cerita dari saya, happy weekend !


Cheers,
L

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

9 comments

  1. Oooh ini toh zest hotel,dekat kemana-mana yaa hotelnya,kanan kiri depan belakang kuliner dan FO hihi.. TfS lunaa

    ReplyDelete
  2. Wah citrus cafe nya sama dgn yang ada di tebet ya? Citrus cafe enak makanannya sukaa ^^

    ReplyDelete
  3. Skrg byk hotel baru di Bogor ya.. Jadi banyak pilihan kalau mau jalan2 kesana :)

    ReplyDelete
  4. Di bogor hotel banyak banget.. kalo nanti ga dapet hotel, nginep di rumahku aja *loh

    ReplyDelete
  5. Lumayan banget ini ya hotelnyaaa.. Pingin juga ke istana negara, tapi bawa bocil nanti rusuh ga yaaa?! :))

    ReplyDelete
  6. Waaah asik juga ya ada hotel dekat istana, strategis banget kalau mau liburan di kota Bogor :)

    ReplyDelete
  7. wahh bolak balik ke Bogor blm pernah wisata ke istana kepresidenan, makasih Luna udah review, mau coba kesana aah :)

    ReplyDelete
  8. Setiap melewati zest hotel selalu kepengen nginep, tp blm ada moment pas. Thanks sharingnya Luna. Perlu nih kapan2 mampir ke istana bogor, liat jadwal open istananya dimana ya?

    ReplyDelete
  9. Masa kecil tinggal di Bogor, tapi belum pernah masuk ke istana Bogor :p Moga ada lagi deh open istananya..

    ReplyDelete

Shout your comment here and thanks for dropping by :)